Update @20180425:

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mempublikasi Lampiran Peta Arahan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.4732/MenLHK-PHPL/KPHP/HPL.0/9/2017 tentang Peta Indikatif Arahan Pemanfaatan Hutan Produksi yang Tidak Dibebani Izin Untuk Usaha Pemanfaatan Hutan (selanjutnya disebut SK 4732) di website resmi KLHK. Sayangnya, peta tersebut berskala kecil, yakni 1:500.000, sementara sebagaimana menurut Badan Informasi Geospasial dalam publikasinya berjudul Skala Peta Operasional Mempercepat Pengukuhan Kawasan Hutan (2015:109) peta operasional untuk pengukuhan kawasan hutan dan kegiatan alokasi ruang lainnya minimal berskala 1:50.000.

Koalisi Anti Mafia Hutan mengapresiasi langkah positif KLHK yang telah mempublikasi peta arahan tersebut. Namun, sebagaimana pernyataan sebelumnya tetap meminta KLHK agar mempublikasikan juga peta operasional lahan pengganti (land swap) tersebut.

Terhadap Lampiran Peta Arahan tersebut, Koalisi Anti Mafia Hutan saat ini sedang menganalisisnya lebih sebagai pelengkap terhadap analisis sebelumnya. Hasil analisis ini akan dipublikasikan segera di http://pasopatiproject.id/land-swap-hti-monitoring/.